a a a a a a a a a a a
KPK Temukan Bukti Elektronik Hingga Uang Rp 250 Juta Setelah Digeledah Rumah Mendes | Tipikor | Prolegal News
logo
Tentang KamiKontak Kami
Iklan Utama 2

KPK Temukan Bukti Elektronik Hingga Uang Rp 250 Juta Setelah Digeledah Rumah Mendes

KPK Temukan Bukti Elektronik Hingga Uang Rp 250 Juta Setelah Digeledah Rumah Mendes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar (rep)
Jakarta, Pro Legal- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap hasil penggeledahan rumah dinas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar beberapa hari lalu.

Menurut Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Asep Guntur Rahayu, tim penyidik menemukan uang dalam pecahan rupiah dan mata uang asing senilai Rp 250 juta. "Kalau jumlahnya kayanya sudah kita sampaikan waktu itu. Ada beberapa pecahan uang asing kemudian juga ada bentuk rupiah sekitar Rp250 juta," ujar Asep, Kamis (26/9).

Asep menambahkan, selain uang tunai, penyidik juga menemukan sejumlah barang bukti elektronik dari rumah kakak Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu. Menurutnya, bukti-bukti itu sedang ditelaah untuk memastikan keterkaitan dengan perkara. "Karena selain dari uang tunai yang kita peroleh, juga ada barang bukti elektronik, yang kita agak lama analisisnya tentunya barang bukti elektroniknya ya. Karena kita harus memilah mana yang terkait dengan perkara yang sedang kita tangani," ujarnya.

Asep menjelaskan kaitan Abdul Halim dalam kasus dugaan korupsi pengurusan dana hibah kelompok masyarakat (pokmas) dari APBD Jawa Timur Tahun Anggaran 2019-2022. "Ini secara singkat aja, mungkin secara umum kaitannya. Jadi yang bersangkutan dulu juga anggota DPR di DPRD Jawa Timur. Jadi di periode 2014-2019, kemudian terpilih kembali di 2019, tapi kemudian karena jadi Menteri, diangkat jadi menteri, kemudian di-PAW. Nah di situ masih ada kaitannya," ujarnya.

Abdul Halim sempat menjabat sebagai Ketua DPRD Jawa Timur (2014-2019). Ia merupakan kakak kandung dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.(Tim)


Tipikor KPK Temukan Bukti Elektronik Hingga Uang Rp 250 Juta Setelah Digeledah Rumah Mendes
Iklan Utama 5